Tips Cara Pembelajaran Balita Agar Cepat Berjalan


Orang tua yang baru pertama kali memiliki balita perasaannya pasti bahagia, karena baru pertama kali di berikan titipan anak buah hati dari Allah SWT. mempunyai balita yang pertama memang masih belum mempunyai pengalaman cara pembelajaran balita agar cepat berjalan. Balita mulai bisa berjalan usia 11 sampai 18 bulan, oleh karena itu harus rutin mencari informasi dengan banyak membaca buku,majalah, dan membaca artikel tentang pemelajaran balita agar cepat berjalan dengan baik. perlu bimbingan penyemangat dukungan dan penuh kesabaran dalam melatih pembelajaran dari kedua orang tua.







Di bawah ini ada beberapa Tips Cara Balita Agar Cepat Berjalan :

1.Karena keseimbangan belum sempurna, biarkan bayi anda berdiri dan berjalan merambat sambil berpegangan pada anda.

2.Biarkan bayi berpegangan pada anda dengan satu tangan lalu berpindah berpegangan pada satu jari saja.

3.dengan Berbagai manfaat pijat bayi juga salah satunya harus dilakukan di kakinya. Karena pijat kaki akan membantu kelenturan pada persendian pinggul dan lutut agar bayi dapat berjalan.
ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam memijat kaki bayi.


  • Letakkan ibu jari di pangkal paha dan beri tekanan, tarik ke bawah, lalu lanjut dengan gerakan di paha.
  • Pegang kedua kaki bayi dengan satu tangan dan tepuk-tepuk sepanjang tungkainya dengan tangan yang lain
  • Lakukan gerakan meremas mulai paha hingga lutut. Berikan tekanan dengan gerakan jempol memutar ke arah dalam pada lutut. Teruskan gerak meremas di betis.
  • Lakukan gerakan remas lembut pada telapak kaki dan gunakan jari pada poros sendi telapak kaki.
  • "Dengan pemijatan di telapak kaki dan jari jemarinya, maka refleks mencengkeram bayi akan hilang. Dan bermanfaat bagi kematangan saraf yang berguna saat proses belajar berjalan," ungkapnya.
  • Sementara bayi telentang, pegang kedua kaki dan lututnya bersama-sama dan tempelkan lutut sampai perutnya.
  • Pegang kedua kaki dan lututnya dan putar dengan gerakan melingkar, ke kiri dan ke kanan, untuk melemaskan pinggulnya. Gerakan ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan sakit perut. 
4. Coba anda berlutut di depannya dan mengulurkan kedua tangan atau anda bisa merentangkan kedua tangan seolah ingini memeluknya sambil anda berjalan mundur perlahan.

5.Ketika ia mulai berdiri,biarkan ia menggenggam jari-jari atau pergelangan tangan anda dan menarik badannya ke posisi berdiri dan kakinya mampu menopang berat badannya sendiri.
6. Jika bayi anda terlihat limbung dan enggan melangkah sendiri, sangga berat tubuhnya dengan meletakkan kedua tangan anda di bawah lengannya sehingga ia berani melangkah, raih dan tuntun bayi  dengan memegangkan kedua tangan anda kepadanya.

Berikut adalah Tips Cara Pembelajaran Balita Agar Cepat Berjalan semoga bermanfaat.